Sengketa Venezuela paksa pemimpin kawasan bersidang darurat

beberapa presiden daripada kawasan amerika selatan mau menyelenggarakan pertemuan darurat selama kamis dalam lima membahas kemelut politik dalam venezuela menyusul terpilihnya nicolas maduro untuk presiden, kata kementerian luar negeri peru di rabu.

pejabat tinggi pemerintah tidak menyatakan kemungkinan pertemuan itu supaya menunjukkan dukungan pada maduro, atau pemimpin kawasan hendak mengeluarkan seruan bersama untuk ketenangan di venezuela, tempat unjuk rasa muncul sejak kemenangan tipis dua persen maduro, lapor reuters.

maduro, penerus produk presiden (mendiang) hugo chavez, ingin dilantik pada jumat.

pemerintah brazil, peru, ekuador, kolombia, bolivia dan argentina, antara lain, mengakui kemenangan maduro itu, tapi washington belum.

Informasi Lainnya:

sementara tersebut, eropa bersatu mengatakan khawatir selama peningkatan pengutuban warga venezuela.

pertemuan tersebut diselenggarakan selama bawah payung grup kawasan unasur selama lima di kamis malam, papar pejabat tinggi pemerintah. peru memegang jabatan bergilir presiden kelompok tersebut. pemantau pemilihan umum unasur menungkapkan kemenangan maduro sah.

presiden peru, uruguay, argentina, kolombia juga brazil mau menghadiri pertemuan itu juga pemimpin lain juga berperanserta, kata pejabat.

sebagian besar pemimpin, termasuk presiden dilma rousseff dari negara kelas berat brazil, kemudian ingin ke venezuela untuk upacara pelantikan tersebut.

hasil pemilihan presiden selama minggu tersebut ditolak pesaingnya, henrique capriles, dan menduga ribuan penyimpangan terjadi selama info pemungutan suara serta menginginkan penghitungan ulang penuh suara.

delapan orang tewas dalam unjukasa pimpina lawan itu. pemerintah menuduh capriles menghasut kekerasan, yang dibantahnya.

presiden kuba raul castro pada senin mengucapkan selamat terhadap maduro setelah ia menang selama pemilihan presiden selama ahad, papar media kuba.

atas nama pemerintah juga rakyat kuba, saya mengucapkan selamat pada anda atas kemenenangan tersebut, yang menunjukan kekuatan gagasan serta pekerjaan komandan hugo chavez, kata pemimpin kuba itu pada di pesannya terhadap maduro.

venezuela adalah mitra ekonomi dan politik pertama bagi kuba. kedua bagian menandatangani beberapa kesepakatan keselaran di banyak jenis, seperti, telekomunikasi, energi, serta nikel pada 14 tahun pemerintahan hugo chavez.

presiden rusia vladimir putin selama senin mengirimkan ucapan selamat terhadap putri didik mendiang hugo chavez itu, dengan menungkapkan berharap hubungan rusia-venezuela tambah diperkuat.

putin menyampaikan yakin bahwa pada bawah maduro, venezuela akan terus menggalang kemitraan strategis melalui rusia dan menegaskan kesiapan moskow bagi pengembangan lebih lanjut pembahasan membangun selama diantara kedua negara itu, papar layanan pers kremlin.

kementerian luar negeri rusia mendesak berbagai kekuatan politik dalam venezuela menghormati hasil pemilihan presiden dan berupaya menggarap pendekatan seimbang dan bertanggung jawab.