Dua pelajar wakili Indonesia dalam simulai sidang PBB

dua pelajar sma, gilang al ghifari lukman dan lestari noorikawati anggraeni, sudah mewakili indonesia di acara simulasi sidang pbb 2013 bertema moscow international gaya united nations (mimun) yang berlangsung selama institut hubungan internasional moskow (mgimo), rusia 14 sampai 19 april 2012.

siaran pers yang diterima antara pada jakarta dalam jumat menyebutkan, selama acara tersebut keduanya berada pada seminar yang berbeda, gilang dalam 2nd committee general assembly, akan tetapi raeni berada pada divisi general assembly serta divisi tertinggi dalam pbb.

meskipun berada selama divisi yang berbeda, keduanya tetap membuat nama indonesia berkibar selama diantara ratusan pelajar lain pada seminar dan merupakan impian pelajar-pelajar daripada semua belahan dunia tersebut.

gilang merupakan siswa kelas 10 (1 sma) man insan cendekia, serpong, juga datang ke kota moskow bersama seorang guru pendamping, ahmad imam, pada 13 april 2013. tetapi raeni siswi kelas 11 (2 sma) jurusan ipa di sekolah indonesia moskow dan adalah wakil terhadap indonesia lewat seleski dalam bahasa rusia.

Informasi Lainnya:

gilang mengaku berkeinginan kuat untuk merupakan benar diplomat dan bisa mencari hubungan indonesia dengan negara-negara lain merupakan lebih maju, dengan karenanya ia mengambil langkah mendaftarkan diri memenuhi mimun.

awalnya saya menggunakan Informasi di online perihal kegiatan-kegiatan internaional, aku menemukan mimun serta segera mendaftarkan diri, ungkap gilang disela kepulangannya ke indonesia di selasa (23/4) sebagaimana disebutkan dalam siaran pers itu.

setelah memenuhi model mimun 2013 gilang menyempatkan diri supaya mengunjungi kota saint petersburg.

di sisi lain, raeni juga ikut mengibarkan nama indonesia sesudah terpilih untuk memenuhi sidang divisi general assembly dan merupakan divisi tertinggi dalam pbb.

raeni yang memang fasih berbahasa rusia lolos lewat seleksi pada bahasa rusia, dengan esai mengenai penyelesaian konflik dengan damai tidak sengketa melalui mengambil isu ketegangan selama semenangjung korea diantara korea utara serta korea selatan.

duta sulit indonesia agar rusia, djauhari oratmangun juga sempat menemui gilang dan guru pendampingnya di memenuhi model mimun, juga mengaku menyambut baik keikutsertaan kedua pelajar dijadikan wakil indonesia selama ajang bergengsi itu.

selain tersebut sebelum aktifitas mimun dimulai, dubes djauhari dan sempat meminta seorang diplomat dalam kedutaan besar republik indonesia selama moskow agar menyerahkan latihan tata cara memenuhi sidang-sidang pbb.

kegiatan ini amat penting untuk menamabha wawasan mengenai hubungan internasional serta peranan pbb melalui simulasi sidang-sidang multilateral dan diikuti, ujar dubes jauhari yang mempunyai pengalaman bekerja lumayan berlalu dibuat perwakilan indonsia selama pbb.

mimun merupakan acara simulasi sidang pbb dan bergengsi terhadap pelajar daripada semua dunia juga sudah berlangsung dari 1997. kali ini dalam mimun 2013 di moskow, peserta dan datang terdiri dari kurang lebih 606 pelajar daripada sekitar 65 negara.