FSGI usulkan Kurikulum 2013 ditunda

federasi serikat guru indonesia memberi usul launching kurikulum 2013 untuk ditunda karena dinilai belum ada kesesuaian juga kesiapan pengajar.

sebaiknya kurikulum 2013 itu ditunda dulu, benahi saja lagi guru-gurunya, beri mereka latihan, papar sekretaris jenderal fsgi retno listyarti di seminar penguatan empat pilar kebangsaan pada dunia pendidikan dan bertema mengukuhkan pendidikan kewargaan terhadap kokohnya nilai-nilai kebangsaan pada jakarta, selasa.

retno menilai guru merupakan kunci keberhasilan suatu diaplikasikannya kurikulum.

guru memang mesti dibangun sebab bagaimanapun dia adalah kucinya yang mengatur alur kemana siswa ini mau dibawa, ujarnya.

karena itu, dia serta mengusulkan diadakannya pelatihan agar guru-guru untuk memahami benar kurikulum jika hendak diterapkan.

dia dan menolak implementasi kurikulum 2013 sebab banyak beberapa kompetensi dasar serta kompetensi inti yang tak dipaparkan secara gamblang.

Lainnya: Jam Tangan Murah - Jual Jam Tangan Online - Jual Jam Tangan - Jual Jam Tangan Murah

saya menolak kurikulum ini karena isinya tak menggambarkan niat agar mengembangkan pendidikan kita, katanya

guru studi pancasila dan kewarganegaraan (ppkn) sma 13 tersebut menilai sejumlah kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 tak terintegrasi, oleh karenanya tujuan pembelajaran besar agar dicapai.

dalam kompetensi tersebut disebutkan siswa mesti mengenal pasal-pasal, tetapi tak disebutkan pasal berapa. harus berapa ada pasal yang mesti dipelajari mereka, katanya.

bahkan, retno mengusulkan untuk dilaksanakan uji silahkan kurikulum 2013 tersebut.

di pilihan negara serta diselenggarakan uji coba, semisal singapura juga inggris agar kenal kekurangannya serta jangan terlalu terburu-buru diterapkan, ujarnya.

dia mengusulkan uji coba tersebut kira-kira selama dua tahun sebelum kurikulum itu diimplementasikan.

sementara itu, direktur pembinaan sma direktorat jenderal pendidikan menengah kementerian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) harris iskandar menyatakan kurikulum 2013 tersebut masih pada jenis dokumen rancangan (draft), sehingga masih mampu dikaji ulang.

kalau ada kritik, silakan ke badan penelitian juga pengembangan (balitbang) kemendikbud jadi bisa dikaji, dikurang atau ditambah, ujarnya.

dia memaparkan pihaknya juga sedang memasukkan studi karakter dan budi pekerti luhur pada kurikulum tersebut.

jadi, kurikulum 2013 ini tujuannya merupakan takwa. sebab tersebut, kita percepat prinsipnya agar memberikan porsi lebih ada kepada mata pelajaran ppkn untuk sd, smp juga sma, katanya.

harris menjelaskan kurikulum 2013 tersebut menekankan aspek olah pikir (kognitif), olah hati dan membentuk pribadi jujur, olah rasa menanamkan kepedulian dan olahraga membentuk fisik dan tangguh.

dalam kurikulum 2013, pilihan mata pelajaran ingin disederhanakan, salah satunya cuma mau banyak enam dibandingkan 12 mata pelajaran yang hendak diajarkan, seperti studi agama, (ppkn), matematika, bahasa indonesia, seni budaya dan penjaskes, sementara ipa serta ips hendak dihapus.

kurikulum dan mengisi anggaran hingga rp2,94 triliun tersebut bertujuan untuk mengantisipasi ketinggalan, mempercepat ketinggalan pelajaran dan menunjang pendidikan nasional ke arah dan lebih bagus yang dan adalah lokasi nasional.