TNI siap layani SMS pengaduan masyarakat

tni bekerja sama dengan empat pengusaha toko jasa telekomunikasi (provider) untuk menerima pesan singkat (sms) gateaway pengaduan juga catatan penduduk dengan kode akses 1978 dengan tidak rumit dan bersegeralah.

inspektur jenderal (irjen) tni letjen tni geerhan lantara, mewakili panglima tni menandatangani perjanjian kerja sama perihal layanan sms gateway melalui empat penyelenggara jasa telekomunikasi (pt. telekomunikasi selular tbk, pt indosat tbk, pt. telekomunikasi indonesia tbk, serta pt xl axiata tbk) dalam aula gatot subroto mabes tni cilangkap, jakarta timur, selasa.

layanan sms gateway melalui kode akses 1978 adalah upaya pelayanan pengaduan masyarakat (dumas) tentang kinerja tni.

dengan adanya sistem baru itu, diharapkan masyarakat dapat melaporkan semua aksi prajurit tni yang melanggar ketentuan berlaku.

Informasi Lainnya:

inspektur jenderal (irjen) tni letnan jenderal tni geerhan lantara, menyampaikan, layanan sms ini untuk bentuk kepedulian tni kepada upaya menghindari dan meminimalisir kemungkinan adanya penyimpangan / pelanggaran di penyelenggaraan tugas pokok tni, dan realisasi komitmen tni pada upaya mewujudkan transparansi dan reformasi birokrasi untuk mendukung kebijakan pemerintah menuju pemerintahan dan bersih serta menarik (clean government and good governance).

sistem ini mau memantau semua aksi prajurit tni yang melanggar ketentuan dan berlaku, katanya seraya menyampaikan keempat provider akan dapat mentransfer info dari warga ke server milik tni.

kami bertujuan agar membuka akses kontrol sosial. setiap permasalahan yang muncul dalam luar serta dilaporkan warga, akan kami bahas juga dipastikan hendak diselesaikan berdasarkan kebenaran, papar geerhan.

menurut dia, panglima tni amat konsern menuntaskan sebuah permasalahan dan terjadi yang menyertakan anggotanya. penyampaian Informasi dan betul juga sangat dibutuhkan agar menuntaskan sebuah permasalahan.

irjen tni menambahkan, layanan ini dan supaya memberdayakan penduduk pada rangka ikut dan mewujudkan penyelenggaraan negara yang bersih serta bebas dari korupsi, kolusi, serta nepotisme termasuk tni mampu memperbaiki pelaksanaan tugasnya pas dengan harapan warga.

geerhan mengharapkan, layanan single number kode akses `1978` kedepannya dapat menampung ada partisipasi masyarakat dalam rangka pengawasan terhadap kinerja tni secara khusus. mou tersebut sendiri hendak berlaku pada tiga tahun supaya lalu diperbaharui sesuai dengan perkembangan teknologi.

adapun prosedur teknis pelaksanaan partisipasi warga melalui pesan pendek diantara lain pengirim mengirimkan pesan pendek ke tni dengan nomor 1978. 2012, operator menerima pesan pendek daripada pengirim juga meneruskannya pada bentuk data ke aplikasi server tni yang diakses dengan online.

selanjutnya server tni menerima data dan masuk ke pada aplikasi server tni. tarif biaya dan digunakan merupakan sama melalui tarif pesan pendek biasa sesuai dengan tarif normal. maka, tak perlu sungkan-sungkan supaya mengkritik kinerja tni, ujarnya.