Forum Rektor: urgensi UN perlu direnungkan lagi

ketua forum rektor indonesia prof laode m kamaluddin berpendapat kiranya urgensi ujian nasional usah direnungkan kembali seiring perkembangan zaman.

saya menilai un sudah Jawaban paling pas di era 1960, 1970, 1980, hingga 1990 saat studi tersentral ke pusat, namun sekarang pendidikan tak dulu tersentral selama pusat, ujarnya pada semarang, jumat.

apalagi, menurut rektor universitas islam sultan agung (unissula) semarang tersebut, hampir seluruh perguruan tinggi tidak menjadikan hasil un dibuat faktor dominan pada menjaring mahasiswa baru.

kalangan perguruan tinggi, kata dia, sebatas melihat kelulusan audien didik dari jenjang sekolah menengah atas (sma) juga sederajat dijadikan salah Salah satu acuan dapat diterima dijadikan mahasiswa masih.

Informasi Lainnya:

karena tersebut, dapat maka (un) `less important anymore` (kurang bermanfaat lagi). aku rasa un usah direnungkan terserah. sekarang ini studi kan telah terdesentralisasi ke daerah, ujarnya.

kalau pun un tetap digelar, tutur dia, sebaiknya pelaksanaannya lumayan diserahkan serta dikelola tingkat regional, bukan dulu pusat agar mata rantainya tak begitu panjang, terlebih distribusi soalnya.

menanggapi adanya penundaan un pada 11 provinsi pada tahun ini, ia mengatakan permasalahan tersebut sebenarnya tak perlu terjadi kalau un dikelola tingkat regional, semisal pencetakan soal dan distribusi.

pelaksanaan un jenjang sma serta sederajat pada 11 provinsi, terutama dalam wilayah indonesia pihak sedang, terpaksa ditunda akibat kendala teknis keterlambatan distribusi soal ujian ke daerah-daerah itu.

pelaksanaan un pada 11 provinsi ditunda, yakni kalimantan selatan, kalimantan timur, sulawesi utara, sulawesi barat, sulawesi tengah, sulawesi selatan, sulawesi tenggara, bali, ntt, ntb, dan gorontalo.

mekanisme un sd kan sudah semisal itu, diserahkan ke tingkat regional, smp sebaiknya serta terbuat seperti tersebut. kalau masalah bocor, tersebut kan persoalan mental. manajemennya mesti diperbaiki, katanya.

berbagai permasalahan di un itu, kata laode, akan adalah salah Satu keuntungan yang dibahas selama pertemuan forum rektor indonesia yang rencananya dilangsungkan dalam 11 mei 2013 pada universitas sebelas maret (uns) surakarta.