Jepang dan China tegang

perdana menteri jepang shinzo abe bersumpah mau mengusir melalui mengunakan kekuatan, semua pendaratan china di kepulauan yang kedua negara tengah persengketakan setelah delapan kapal pemerintah china berlayar menuju perairan dan diperselisihkan tersebut.

bentrok terakhir meledak ketika 168 anggota legislatif jepang mengunjungi kuil yasukuni di tokyo yang dianggap simbol imperliasme masa 2012 jepang serta mencari marah china dan korea selatan.

tokyo memanggil duta sulit china agar jepang selasa ini sesudah delapan kapak milik bumn china berlayar ke perairan teritorial jepang.

pelayaran ini adalah yang terbesar menuju perairan dan disengketakan dari tokyo menasionalisasi sebagian kepulauan tersebut september lalu.

Informasi Lainnya:

abe bersumpah hendak menggunakan kekuatan agar mengusir semua upaya pendaratan china pada kepulauan pada laut china timur tersebut.

kami hendak mengambil cara menentukan melawan semua upaya masuk ke teritorial air juga daratan kepalauan itu, papar shinzo abe menjawab pertanyaan parlemen.

kami tak hendak pernah mengizinkan pendaratan. akan alamiah terhadap kami agar mengusir melalui kekerasan apabila (china) bekerja mengerjakan pendaratan, tegasnya.

kapal-kapal china berulangkali berlayar mengitari lima pulau dan dikontrol tokyo selama pilihan bulan belakangan sehingga memicu sengketa diplomatik.

kapal-kapal pengintai maritim china memasuki zona 12 mil luar pulau-pulau yang disebut china diaoyu serta dengan jepang senkaku itu, kurang lebih pukul 8 pagi masa setempat serta 6 pagi wib.

sungguh tercela serta tidak bisa diterima kapal-kapal pemerintah china berulang kali memasuki perairan teritorital jepang, tutur kepala kabinet jepang yoshihide suga semisal dikutip afp.

sekelompok nasionlis jepang sudah mengirimkan sembilan kapal ke area sekitar kepulauan yang serta diklaim taiwan tersebut.

kepulauan ini kaya ikan juga diyakini menyimpan sumber daya alam melimpah selama dasarnya.