Menteri PU tawarkan kemitraan ke Jerman

menteri konsentari publik (pu) djoko kirmanto mengatakan indonesia menyediakan empat hal yakni pertumbuhan, kesempatan, kemitraan juga kemakmuran terhadap dunia usaha internasional, termasuk dengan jerman.

tawaran tersebut dilontarkan menteri pu djoko kirmanto selama acara indonesian business day terkait melalui terpilihnya indonesia untuk negara mitra pada penyelenggaraan pameran industri mesin serta konstruksi terbesar dalam dunia yaitu bauma, di munich, jerman, jumat.

menteri pu serta menjelaskan target indonesia agar menjadi negara maju dengan penghasilan perkapita diantara 14.250 sampai 15.500 dolar as dengan gdp total sebesar 4 - 4,5 triliun dollar as tahun 2025 dengan memelihara pertumbuhan ekonomi diangka 6,4 hingga 7,5 persen per tahun.

untuk mencapai pertumbuhan ekonomi Salah satu repelita 2010 - 2014 dibutuhkan investasi infrastruktur sebesar 200 milyar dollar as serta lima persen daripada gdp, dan 30 persen dari investasi itu akan diselenggarakan pemerintah, 20 persen dari bumn sedangkan 30 persen diharapkan bisa dilaksanakan oleh sektor swasta, papar djoko.

Informasi Lainnya:

sementara itu dubes ri-berlin eddy pratomo menjelaskan selain membidik kepakaran teknik, indonesia serta mengharapkan investasi daripada jerman yang sempat berkurang di 2012 dengan signifikan sebesar 52 persen dari tahun 2011 yang cuma mencapai 75,8 juta dollar as.

ia mengatakan, krisis ekonomi di zona kawasan euro yang semulanya tak berpengaruh terhadap investasi jerman selama indonesia di 2010 serta 2011, tampaknya mulai dirasakan jerman.

untuk itu indonesia dituntut untuk lebih gencar juga kreatif dalam menjaring investor jerman, katanya.

dikatakannya keselaran indonesia juga jerman dalam jenis investasi berlangsung baik sejak disepakatinya perjanjian naskah perjanjian sinergi investasi selama 1953, diperkuat dengan persetujuan peningkatan juga perlindungan penanaman modal (p4m) yang ditandatangani dalam 2003.

tercatat tidak kurang daripada 250 perusahaan jerman yang ketika ini beroperasi di indonesia, didominasi sektor otomotif, transportasi, farmasi, dan telekomunikasi.

perusahaan-perusahaan besar jerman dan menjalankan bisnisnya di indonesia dalam antaranya merupakan bmw, daimler, vw, siemens, serta basf.

keberadaan jerman dibuat pemimpin ekonomi dalam eropa adalah manifestasi kesuksesan jerman mengedepankan sektor dan menjadi kekuatan ekonomi seperti koleksi otomotif, mesin-mesin, bahan kimia juga metal, juga investasi bidang riset juga pengembangan.

di lain bagian, katanya, jerman mempunyai kelangkaan bahan baku bagus agar sektor energi (mineral, minyak bumi juga gas) maupun bahan bakar industri semisal minyak sawit mentah, karet, tembakau, kopi, teh juga coklat.