Rusia dukung Swiss tuan-rumahi perundingan Korea

menteri luar negeri rusia sergei lavrov di jumat menungkapkan mendukung gagasan swiss menuan-rumahi perundingan enam negara di upaya meredakan ketegangan atas korea utara.

sejauh aku mengerti, swiss siap menyediakan ranah ramahnya agar perundingan enam pihak, dengan harapan bahwa tersebut diselenggarakan. kami tak menentang prakarsa itu, tutur lavrov kepada wartawan setelah bertemu dengan timpalan swiss-nya, didier burkhalter.

pembicaraan itu, dan melibatkan korea utara serta korea selatan, cina, rusia, amerika amerika serta jepang, dibekukan dari 2009 sesudah korea utara bagus diri selama menanggapi hukuman perserikatan bangsa-bangsa atas kegiatan peluru kendalinya.

ada enam putaran terpisah diantara 2003 hingga 2007 juga swiss pada pekan lalu menawarkan santunan ketika ketegangan memuncak dalam semenanjung korea.

Informasi Lainnya:

negara netral swiss memiliki lima tentara di garis gencatan senjata dalam antara kedua korea itu, sebagai pihak dari komisi negara nonblok pemantau gencatan senjata dari perang korea dalam 1950-an.

negara tersebut serta memiliki kantor penghubung di pyongyang, ibukota korea utara, yang komunis.

pemimpin negara terkendali ketat tersebut, kim jong-un -yang ketiga selama wangsa pemimpin kuat- mengisi beberapa tahun sekolah selama swiss pada bawah kedok putra pengemudi kedutaan.

menteri luar negeri amerika serikat john kerry selama jumat menyuarakan dukungan negaranya agar korea selatan bergerak menuju pembicaraan dengan pyongyang.

saat berbicara terhadap wartawan pada seoul, kerry menyampaikan pemimpin korea utara kim jong-un mencari kesalahan besar jika memaksakan peluncuran peluru kendali, dan mendesak china berusaha lebih keras mengendalikan sekutunya dalam pyongyang.

tapi, dengan ketegangan selama semenanjung korea dalam tingkat tertinggi dalam bertahun-tahun, kerry menyatakan washington juga memilih menghormati pandangan president korea selatan park geun-hye, dan terpilih atas janji keterlibatan lebih besar melalui pyongyang.

president park terpilih dengan pandangan berbeda terhadap kemungkinan perdamaian serta kami menghormati pandangan itu, kata kerry.

kami siap bekerja dengan keyakinan kiranya hubungan utara dengan selatan dapat meningkat serta mereka dapat membaik amat cepat. saya pikir, kami telah meminimalkan retorika kami dengan berarti serta kami bekerja menemukan cara untuk kewajaran menang selama sana, tambahnya dikutip afp.